7 Kebiasaan “mematikan” yang menjauhkan dari kebahagiaan (1)

iri-hatiSemua orang ingin hidup bahagia, namun kadang kadang kita mempunyai kebiasaan buruk dan “mematikan” yang menghalangi kita dari mendapatkan kebahagiaan.

Istilah “mematikan” disini dipakai karena orang sering melakukan kebiasaan tersebut secara tidak sadar dan baru pada suatu hari tiba tiba terbelalak dan menyadari kalau selama ini sering melakukan kebiasaan buruk.

Pertama, kebiasaan membandingkan-bandingkan.

Kebiasaan membanding-bandingkan membuat kita iri dan kurang bersyukur.

Membandingkan -bandingkan apa yang kita punya dan kita capai hampir selalu membuat kita tidak bahagia. Begitu banyak orang disekeliling kita yang mencapai atau mempunyai sesuatu yang lebih dari kita. Jabatan yang lebih tinggi, gaji yang lebih besar, perusahaan yang lebih banyak, istri yang lebih cantik, anak anak yang lebih berhasil, rumah yang lebih bagus dan berbagai hal lainnya.

Ketika kita membanding-bandingkan dengan orang lain, jarang sekali atau hampir tidak pernah, kita bandingkan diri kita dengan yang lebih rendah atau lebih miskin. Dalam melakukan perbandingan kita sering memakai kaca mata kuda, hanya melihat kepada orang yang lebih dari kita.

Meskipun demikian, kita boleh membandingkan yang kita punyai atau kita lakukan dalam 2 hal, yaitu: harta orang kaya yang dia bagi-bagikan untuk sedekah dan ilmu (bukan gelar) yang diamalkan dan dibagikan.

Kita boleh iri kepada amal oarng lain, karena sebenarnya kita juga dapat beramal kebaikan yang banyak, meskipun bentuknya mungkin berbeda. Bila seorang kaya dapat beramal dengan hartanya, kita dapat beramal dengan tenaga, waktu, pikiran dan sebagian harta kita.

Kita juga boleh iri terhadap ilmu (bukan gelasr) orang lain yang kemudian diamalkannya. Ilmu juga dapat kita cari tanpa harus keluar banyak uang. Kita dapat menemui seseorang untuk mendapatkan ilmu, dengan berselancar di internet, menghadiri pengajian, dan bentuk lain cara untuk mendapatkan ilmu. Kita dapat mengamalkan ilmu tersebut dengan membuat kursus atau ceramah gratis.

Bersambung

Salurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf anda ke (1). Rekening Britama BRI Cabang Purworejo 0078-01-029420-50-3 atas nama Yaysan Islam Ummy, atau (2) Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo 136-00-1075666-3 atas nama Yayasan Islam Ummy

 

Posted in Hidup bermakna | Tagged , , , , | Comments Off on 7 Kebiasaan “mematikan” yang menjauhkan dari kebahagiaan (1)

Agar bisa segera dapat pekerjaan

pengangguranMemangnya mencari pekerjaan itu sulit?

Sulit sulit gampang.

Sulit bila harus sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita, misalnya gaji harus gede, ada tunjangan hari raya, diberikan asuransi kesehatan, dan lain lain.

Mencari pekerjaan juga sulit karena harus sesuai dengan kemampuan yang bersangkutan. Di Indonesia cukup banyak lowongan pekerjaan, terutama yang memerlukan pendidikan dibidang teknik (listrik, IT, mesin, dll), namun sebagian besar pelamar kerja adalah mereka yang berlatar belakang pendidikan sosial.

Pekerjaan gampang dicari bila kita mau bekerja seadanya. Pekerjaan seadanya tersebut dapat dijadikan sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Kerja sukarela atau sebagai volunteer juga bagus sebagai batu loncataan.

Permasalahannya, tidak semua orang mau bekerja seadanya. Mereka memilih menganggur daripada bekerja seadanya. Akibatnya, semakin sulit bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Semakin lama seorang menganggur, semakin sulit mencari pekerjaan karena setiap tahun banyak lulusan baru yang juga mencari pekerjaan.

Berikut ini beberapa saran agar bisa dapat segera mendapatkn pekerjaan:

  1. Mencari pekerjaan merupakan pekerjaan penuh waktu (full-time), karena itu buat jadwal kegiatan harian seperti seorang yang bekerja secara penuh. Jangan bermalas-malasan atau tidak mengerjakan apapun dirumah. Pergunakan sebanyak mungkin waktu untuk mencari pekerjaan.
  2. Ikuti kursus atau kegiatan untuk menambah ilmu dan ketrampilan, seperti: belajar memperbaiki kemampuan berbahasa asing, internet, komputer, mengendarai mobil.
  3. Lakukan kerja sukarela atau menjadi honorer. Bila perlu buat kegiatan sendiri, misalnya: membuat kursus matematika untuk anak anak dari keluarga miskin, mengajar ngaji, membantu panti asuhan. Kerja sukarela atau berbuat kebajikan akan membuat jiwa kita lebih matang sehingga akan dapat membuka peluang yang selama ini tertutup atau tidak kelihatan.
  4. Lakukan hobi dan jadikan sebagai sumber penghasilan. Misalnya: bila hobi masak, maka jual kue atau makanan; bila hobi musik, bikin kursus musik; bila hobi olah raga, bikin kursus olah raga, dll.

Salurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf anda ke (1). Rekening Britama BRI Cabang Purworejo 0078-01-029420-50-3 atas nama Yaysan Islam Ummy, atau (2) Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo 136-00-1075666-3 atas nama Yayasan Islam Ummy

Posted in Hidup bermakna | Tagged , , , , , | Comments Off on Agar bisa segera dapat pekerjaan

Mengapa sulit melunasi hutang?

Surat tagihan hutang

Surat tagihan hutang

Mengapa seseorang sering kesulitan membayar hutang?

Karena mereka mempunyai jiwa yang rapuh dan tidak tahan banting.

Padahal, agar mampu membayar hutang, sering perlu dilakukan tindakan tindakan yang memerlukan  kematangan jiwa, ketabahan dan kerendahan hati.

Untuk dapat segera melunasi hutangnya, seseorang sering harus berani menjual semua aset aset yang ada, bekerja apa saja yang dapat menghasilkan tambahan penghasilan yang halal, mengerem keinginan membeli barang mewah, dan hidup sederhana tanpa gengsi-gengsian.

Hal hal tersebut tidak mampu dilakukan oleh seseorang yang berjiwa lemah. Apalagi bila ditambah dengan rendahnya kemampuan pengendalian diri. Mereka bukan hanya tidak mau hidup sederhana, mereka bahkan sering masih berani menambah hutang hanya karena tidak tahan oleh godaan dari para penjual atau pemberi kredit.

Ilustrasi berikut kisah nyata yang ditulis oleh Saptuari Sugiharto di FB-nya yang kemudian viral kemana-mana.

Kawanku di Jakarta hijrahnya gak tanggung-tanggung, rumahnya yang masih KPR dijual, Honda Jazz putih yang dulu perlente dipakainya pun dijual. Sekarang tinggal di rumah kontrakan, memulai bisnis baru yang sangat berbeda dengan bisnisnya yang dulu.

“Sap, ketika aku menjual semua asetku dan hutangku lunas, ada perasaan plong di hati yang tidak ternilai, bangun pagi rasanya bebasssss… Tak ada sedikitpun mikiran cicilan ini itu lagi. Sebulan kalo dapat uang 20jt, duitnya ya utuh, kebutuhan keluarga paling 5 juta dah cukup.. Gak ada lagi kertas-kertas tagihan dengan nominal dan beban bunga yang bikin nyesek! Dan Allah tidak pernah ingkar janji.. Aku bisa memulai bisnis lagi, bangkit lagi, tanpa harus hutang disana-sini”
Senyumnya begitu lepas.. Tanpa beban.

Salurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf anda ke (1). Rekening Britama BRI Cabang Purworejo 0078-01-029420-50-3 atas nama Yaysan Islam Ummy, atau (2) Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo 136-00-1075666-3 atas nama Yayasan Islam Ummy

Posted in Hidup bermakna, kisah inspiratif | Tagged , , , , , , | Comments Off on Mengapa sulit melunasi hutang?

Kata kata terakhir Steve Jobs

Steve+Jobs+Unveils+Apple+iPhone+MacWorld+Expo+Z0DjjrUTNXLlBerikut ini kata kata terakhir dari Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple yang saya kutip dari website Jamil Azzaini, inspirator sukses mulia

Dalam dunia bisnis, aku adalah simbol dari kesuksesan, seakan-akan harta dan diriku tidak terpisahkan. Karena selain kerja, hobiku tak banyak.

Saat ini aku berbaring di rumah sakit, merenung jalan kehidupanku: kekayaan, nama, kedudukan… Semuanya itu tidak ada artinya lagi.

Malam yang hening, cahaya & suara mesin di sekitar ranjangku, bagai nafasnya maut kematian yang mendekat pada diriku.

Sekarang aku mengerti. Seseorang, asal memiliki harta secukupnya buat diri gunakan, itu sudah cukup.

Mengejar kekayaan tanpa batas bagaikan monster yang mengerikan.

Tuhan memberi kita organ-organ perasa, agar kita bisa merasakan cinta kasih yang terpendam dalam hati kita yang paling dalam. Tapi bukan kegembiraan yang datang dari kehidupan yang mewah. Itu hanya ilusi saja.

Harta kekayaan yang aku peroleh saat aku hidup, tak mungkin bisa aku bawa pergi. Yang aku bisa bawa adalah kasih yang murni yang selama ini terpendam dalam hatiku. Hanya cinta kasih itu lah yang bisa memberiku kekuatan & terang.

Ranjang apa yang termahal di dunia ini?

Ranjang orang sakit.

Orang lain bisa membukakan pintu mobil untukmu. Orang lain bisa bekerja untukmu. Tapi tidak ada orang bisa menggantikan sakitmu.

Barang hilang bisa di dapat kembali, tapi nyawa hilang tak bisa kembali.

Saat kamu masuk ke ruang operasi, kamu baru sadar bahwa betapa berharganya kesehatan itu.

Kita berjalan di jalan kehidupan ini. Dengan jalannya waktu, suatu saat akan sampai tujuan.

Bagaikan panggung pentas. Tirai panggung akan tertutup. Pentas telah berakhir.

Yang patut kita hargai dan sayangkan adalah hubungan kasih antar keluarga, cinta akan suami-istri dan juga kasih persahabatan antar teman…

Steve Jobs… Last Words. Kata-kata Terakhir.”

Semoga kita dapat mengambil pelajaran darinya.

Dicopy dari Azzaini, J., (2015), Last Word dari Steve Jobs, di http://jamilazzaini.com/last-word-dari-steve-jobs/

Salurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf anda ke (1). Rekening Britama BRI Cabang Purworejo 0078-01-029420-50-3 atas nama Yaysan Islam Ummy, atau (2) Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo 136-00-1075666-3 atas nama Yayasan Islam Ummy

Posted in kisah inspiratif | Tagged , , , , | Comments Off on Kata kata terakhir Steve Jobs

Tukang becak mendirikan klinik kesehatan

_60474403_joynalabedin1Sejak kematian bapaknya 30 tahun yang lalu akibat tidak mendapatkan pelayanan kesehatan, muncul sebuah niat yang luhur dihati Zaenal Abidin untuk membangun sebuah klinik kesehatan di desanya, desa Mymensigh, Bangladesh.

Padahal waktu itu, dia hanyalah seorang buruh tani. Sejak saat itu, dia ajak istrinya merantau ke Dhaka, ibukota Bangladesh. Di Dhaka, Zaenal Abidin bekerja sebagai penarik becak, sedangkan istrinya bekerja sebagai pembantu di sebuah klinik.

Zaenal Abidin hidup hemat dan rajin menabung. Setelah tabungannya mencapai US$ 4000, dia dan istrinya kembali kedesanya, membeli tanah dan membangun sebuah klinik sederhana. Pada awalnya, klinik tersebut dilayani oleh seorang perawat. Kini ada seorang dokter yang melayani pasien seminggu sekali. Rata rata jumlah pasien yang dilayani mencapai 100 orang per hari. Di klinik itu, kini juga ada ruang persalinan.

Zaenal Abidin mengharapkan, dengan bantuan para dermawan, suatu saat klinik tersebut akan dapat dibangun menjadi sebuah rumah sakit.

Salurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf anda ke (1). Rekening Britama BRI Cabang Purworejo 0078-01-029420-50-3 atas nama Yaysan Islam Ummy, atau (2) Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo 136-00-1075666-3 atas nama Yayasan Islam Ummy

Posted in kisah inspiratif | Tagged , , , , | Comments Off on Tukang becak mendirikan klinik kesehatan

Laporan Keuangan 2015

September1-2015September2-2015

Posted in laporan keuangan | Tagged , , , , , | Comments Off on Laporan Keuangan 2015

Kalau mau rezeki bertambah, cobalah berbagi

Putri Arini di Klinik Umiyah

Putri Arini di Klinik Umiyah

oleh: Edi Sutisna, Club Pecinta Alquran

“KALAU mau bertambah, cobalah Karta berbagi….” Suara Haji Muhidin itu terngiang terus di telinga Karta, seorang penjual ikan di Pasar Jembatan Lima, Kota, Jakarta.

Karta mengadu pada Haji Muhidin bahwa penghasilannya tidak pernah cukup. Dagangan dia bukannya tidak laku. Tapi dia terbentur pada modalnya yang kecil, sehingga perolehan keuntungan pun sedikit. Itu sebabnya, Karta mendatangi Haji Muhidin untuk meminta nasihat agar ada yang memberi tambahan modal.

“Karta, perkara nambah modal mah gampang. Asal Karta bersyukur, penghasilan pasti ditambah. Bahkan kadang enggak perlu modal tambahan. Kan, perkara rezeki bertambah, perkara syukur. Kata Allah, kalau kita bersyukur, maka akan ditambahi dengan segala nikmat.”

“Pak Haji, gimana rezeki mau nambah, wong modalnya udah ketaker. Segitu-gitunya. Dagangan habis ampe pol juga, ya, hanya sekian yang saya bawa pulang…,” kata Karta dengan nada rada putus asa.

“Allah Maha Memberi Rezeki, Karta. Kalau Allah sudah mau menambah rezeki bagi kita, dari mana saja jalannya, pasti ada. Ini juga perkara tauhid, Karta. Rezeki Karta tuh bukan dari dagangan ikan, tapi dari Allah,” ujar Haji Muhidin.

Lama Karta berbicara dengan Haji Muhidin tentang peruntungan dagangan dia, hingga ada satu nasihat Haji Muhidin yang tetap melekat di otak, “Kalau mau bertambah, cobalah berbagi…”.

Sejujurnya, Karta tidak terlalu paham. Tidak berbagi saja sudah kurang, apalagi harus berbagi? “Apa tidak makin kurang…?” Sungguhpun Haji Muhidin meyakinkan dengan firman Allah bahwa siapa yang berbuat satu kebaikan, Allah akan mengganti 10 kali lipat lebih banyak, Karta masih belum tergugah.

Pagi itu, anaknya bercerita pada Karta, sebelum dia berjualan ke pasar. “Pak, ada temen saya yang enggak bisa bayaran sekolah. Bapaknya udah enggak ada. Katanya, dia mau berhenti.”

Di saat itulah Karta teringat nasihat Haji Muhidin yang lain, yang mengatakan, “Kalau mau ditolong Allah, tolonglah hamba-Nya yang sedang kesusahan.”

Seketika itu pula Karta seperti diingatkan, lalu bilang pada anaknya, “Bilangin sama kawan kamu itu, Bapak aja yang jadi bapaknya.” Anaknya girang. “Oke, Pak. Saya akan bilangin dia. Dia pasti senang, tuh!”

Sambil memberi uang saku pada anaknya, Karta juga memberi tambahan Rp 5.000 pada si anak. “Buat saya nih, Pak? Tambahan?” “Bukan. Itu buat kawan kamu. Kan kamu udah, sepuluh ribu.” “Oh, kirain buat saya,” ujar anaknya sembari tertawa kecil. “Baik Pak, akan saya berikan pada dia.”

Karta beristigfar. Bersyukur, itulah yang dia lakukan. Anaknya masih punya diri dia sebagai bapak. Dan ia masih memiliki anak sebagai anaknya. Hari ini ia bisa membahagiakan orang. Inilah yang ia syukuri. Benar juga Haji Muhidin, jika mau bertambah rezeki, harus bisa bersyukur dulu. “Berbagi dan bersedekah adalah salah satu wujud dari bersyukur,” kata Haji Muhidin, waktu itu.

Karta tersenyum. Lalu ia berharap, “Mudah-mudahan ada yang memodali saya. Buat memperbesar dagangan.” Menjelang lohor, dagangan Karta sudah habis. Selama ini ia berdagang memang hanya sampai siang, dan setelah itu pulang.

Nah, hari itu, menjelang pulang, ada kawan Karta yang menghampiri. “Karta, saya pinjam motormu dulu, ya….” Karta meminjamkan motornya, sambil berpesan, “Jangan lama-lama, ya. Saya udah mau pulang.”

Sekitar 15 menit, kawan itu kembali dan memulangkan motor Karta. “Karta, makasih, ya. Ini kuncinya, ini STNK-nya, dan ini buat ganti bensin,” ujar si teman. Karta tertegun. Dia diberi uang Rp 100.000, yang katanya buat ganti bensin. “Allah Mahabenar Janji-Nya”.

Karta ingat, tadi pagi ia berniat menanggung biaya pendidikan kawan anaknya, dan memberi uang saku pada dia Rp 5.000. Siang ini Allah membalas dengan Rp 100.000. Bagi Karta, rezeki ini bukan dari si peminjam motor, melainkan dari Allah.

Akhirnya Karta memahami bahwa cara Allah memberi tambahan rezeki dari banyak jalan. Dan, ternyata pula, rezeki itu tidak harus dicari-cari dengan menambahi modal dulu. Cukup dengan diawali bersyukur, berbagi, bersedekah, maka rezeki bisa bertambah.

Kejadian siang itu memberi pelajaran baru pada Karta. Memang, otak terkadang dipenjarakan dengan hitung-hitungan kita sendiri bahwa kalau mau untung harus begini harus begitu. Termasuk dengan menambah jumlah modal. Banyak manusia yang lupa atau tidak tahu –termasuk Karta- untuk menemukan jalan bersyukur lebih dahulu, supaya Allah, Yang Maha Memberi Nikmat, menambah perbendaharaan rezeki buat kita.

dikutip dari http://club-pecinta-alquran.com/index.php?option=com_content&view=article&id=77&Itemid=82

Posted in Uncategorized | Comments Off on Kalau mau rezeki bertambah, cobalah berbagi

Dan Holt: Desa komputer

Kemampuan komputer meningkat pesat. Akibatnya, setiap tiga tahun sebuah komputer mulai ketinggalan zaman. Perusahaan, profesional dan individu ingin mengikuti perkembangan tersebut agar tidak ketinggalan zaman. Berita baiknya, harga komputer semakin murah. Saat ini komputer bekas tersedia di pasaran. Saya kira akan cukup banyak perusahaan, profesioanl maupun individu yang berkenan menyumbangkannya atau menjualnya dengan harga murah komputer bekas tersebut kepada organisasi sosial.

Dilain pihak, banyak anak muda dari kalangan keluarga miskinyang belum mengenal komputer. Bila mereka bisa mahir mengoperasikan komputer, kesempatan berganti mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang layak akan meningkat. Banyak anak muda yang ingin belajar memperbaiki dan meng-upgrade komputer bekas. Banyak relawan yang bersedia melatih anak belajar komputer selama beberapa jam perminggunya atau selama akhir pekan. Beberapa orang bersedia menularkan ilmunya memperbaiki dan mengupgrade komputer bekas.

Bila kita ketemukan semua itu dalam suatu tempat. Kita akan mempunyai sebuah tempat latihan komputer gratis untuk anak anak muda dari keluarga tidak mampu. Dermawan atau perusahaan tahu dimana bisa menyumbangkan komputer bekasnya untuk kegiatan amal. Relawan tahu dimana tempat menyumbangkan sebagian ilmunya untuk kebaikan. Anak anak muda dari kalangan tidak mampu bisa belajar komputer. Cukup ditambah dengan uang beberapa juta dan sebuah ruangan, sebuah kegiatan amal sudah bisa berjalan. Itulah yang dilakukan Dan Holt yang mendirikan computer village

Salurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf anda ke (1). Rekening Britama BRI Cabang Purworejo 0078-01-029420-50-3 atas nama Yaysan Islam Ummy, atau (2) Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo 136-00-1075666-3 atas nama Yayasan Islam Ummy

Posted in Hidup bermakna, kisah inspiratif | Tagged , , , , | Comments Off on Dan Holt: Desa komputer

Membantu bekas narapidana

GoldsmithBekas narapidana biasanya akan kesulitan mendapatkan pekerjaan dan tempat tinggal sekeluarnya mereka dari penjara. Narapidana juga sering tidak memiliki pendidikan atau ketrampilan yang diperlukan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Banyak diantaranya juga pengguna obat terlarang. Mereka sering berasal dari keluarga yang berantakan sehingga mereka tidak mempunyai kenalan orang yang sukses hidupnya yang bisa mereka jadikan panutan atau idola. Kombinasi beberapa faktor tersebut menyebabkan angka residivis menjadi tinggi. Keadaan tersebut sering menyebabkan bekas narapidana terjebak kembali melakukan kejahatan.

Pada tahun 2003, di usia pensiun dimana orang lain ingin momong cucu, Mark Goldsmith, seorang mantan eksekutif pemasaran, malah mendirikan sebuah organisasi nirlaba bernama Getting Out and Staying Out (GOSO, Keluar dan Tetap Di Luar) dengan tujuan menurunkan angka residivis narapidana muda di Rikers Island, penjara terbesar di New York, Amerika Serikat.

Idenya cukup sederhana: membawa seorang yang sukses hidupnya untuk menjadi pembimbing narapidana muda (umur antara 18-24 tahun), memberi mereka nasehat, saran dan alat agar bisa kembali hidup bermasyarakat. Pembimbing tetap harus membina bimbingannya setelah mereka kembali ke masyarakat. Dengan kata lain: mempersiapkan mereka untuk keluar dan membuat mereka tetap bisa bertahan hidup secara normal di luar penjara. Setelah lima tahun berjalan, angka residivis narapidana bimbingan GOSO hanya 10%, sedangkan angka residivis penjara Rikers Island mencapai 60%.

Salurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf anda ke (1). Rekening Britama BRI Cabang Purworejo 0078-01-029420-50-3 atas nama Yaysan Islam Ummy, atau (2) Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo 136-00-1075666-3 atas nama Yayasan Islam Ummy

Posted in Hidup bermakna, kisah inspiratif | Tagged , , , , , | Comments Off on Membantu bekas narapidana

Cegah keresahan sosial dengan berbagi

RKSAda kaitan yang erat antara tingginya angka kejahatan, kerusuhan sosial, dan juga derajat kesehatan masyarakat di suatu wilayah dengan tingkat kesenjangan sosial di wilayah tersebut. Semakin rendah kesenjangan sosial, semakin rendah angka kriminalitas. Begitu pula dengan tingkat kerusuhan sosial. Dilain pihak, semakin rendah kesenjangan sosial semakin tinggi derajat kesehatan masyarakatnya.

Pemalakan terhadap warga perumahan di sekitar BSD dan Pamulang yang mengangkut barang (furniture, bahan bangunan) juga terjadi karena tingginya kesenjangan sosial antara pendatang dengan penduduk lokal. Kita bisa mencari kambing hitamnya pada pembangunan ekonmi yang tidak memihak pada orang miskin, budaya masyarakat lokal, pendidikan rendah, dan lain lain. Semua itu memang berkontribusi terhadap timbulnya kesenjangan sosial. Namun, kita sering lupa bahwa kurangnya kepedulian dari pendatang terhadap pendudk lokal juga ikut berkontribusi terhadap terjadinya kriminalitas maupun kerusuhan sosial tersebut. Pada tingkat lokal, saya kira, kurang kepedulian tersebut malah merupakan faktor paling dominan bagi timbulnya pemalakan ataupun kerusushan.

Coba perhatikan. Di komplek perumahan dimana masyarakatnya membantu masyarakat sekitar, pemalakan dan gesekan sosial antara mereka jarang terjadi. Penduduk perumahan elite Vila Cinere Mas memberi bantuan (bea siswa) dan santunan bagi guru 7 sekolah dasar di sekitar komplek perumahannya. Panti Asuhan di komplek perumahan Reni Jaya , Pamulang menyantuni anak anak kurang mampu dari perkampungan sekitarnya.

Pada tingkat indidvidu atau keluarga, banyak hal hal kecil yang bisa dilakukan untuk membantu individu atau keluarga kurang mampu yang ada di sekitarnya. Mulai dari membantu biaya sekolah (meskipun sekolah gartis, ada saja biaya tambahan yang diperlukan baik oleh sang anak maupun sekolah), menyediakan koran/bacaan bermanfaat di pangkalan tukang ojek (agar mereka dapat memanfaatkan waktu luangnya secara lebih positif), membuka rumah baca, mengajari mereka bahasa Inggris atau komputer, mengundang mereka ketika anak kita ulang tahun, hingga ke hal hal yang lebih institusional dan berkelanjutan.

Salurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf anda ke (1). Rekening Britama BRI Cabang Purworejo 0078-01-029420-50-3 atas nama Yaysan Islam Ummy, atau (2) Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo 136-00-1075666-3 atas nama Yayasan Islam Ummy

Posted in Hidup bermakna, kisah inspiratif | Tagged , , , , | Comments Off on Cegah keresahan sosial dengan berbagi