Proses Pemulihan

Holticultural therapy

Dari sisi kedokteran, ada beberapa jenis gangguan jiwa berat, seperti schizophrenia, bipolar disorder, dan depresi. Obat untuk masing masing gangguan jiwa tersebut berbeda-beda. Penanganan gangguan jiwa secara medis bagi penderita gangguan jiwa yang menjadi peserta program Tirto Jiwo diserahkan sepenuhnya kepada dokter ahli jiwa yang selama ini merawatnya. Tirto Jiwo hanya menangani aspek pemulihan psikososialnya.

R. Andresen, P.Caputi, dan L Oades  (2006) dalam artikelnya yang berjudul Stages of
recovery instrument: development of a measure of recovery from serious mental illness. yang dimuat dalam Australian and New Zealand Journal of Psychiatry, 40, 972–980 menyatakan bahwa ada 5 tahap pemulihan gangguan jiwa.

Tahap 1: Moratorium atau penundaan. Adalah saat dimana penderita “mengundurkan diri” dan merasa semuanya telah hilang dan tidak mempunyai harapan.

Tahap 2: Awareness (kesadaran).  Penderita mulai sadar bahwa tidak semuanya telah hilang dan masih ada masa depan bagi dirinya meskipun menderita gangguan jiwa.

Tahap 3: Preparation (persiapan). Pada tahap ini penderita mulai bersiap-siap untuk memulihkan kesehatan jiwanya.

Tahap 4: Rebuilding (pembanguan kembali). Penderita mulai secara aktif membangun identititasnya yang baru, menetapkan tujuan agar hidupnya bisa lebih berarti dan lebih bertanggung jawab atas kehidupannya.

Tahap 5: Growth (pertumbuhan).  Mengisi kehidupannya dengan kegiatan yang penuh arti, mengontrol dan mengelola penyakitnya secara bertanggung jawab, menumbuhkan daya tahan dan harga diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>