4 Jalur kebahagiaan

Anda ingin hidup bahagia?

Menurut ilmu positif psikologi, sebuah ilmu baru,  yang dikembangkan antara lain oleh Prof. Dr Martin Seligman dari Universita Pennsilvania, Amerika, ada 4 jalur kebahagiaan.

  1. Jalur emosi positif. Bila pada saat ini anda bisa menikmati hidup, bersyukur atas kehidupan yang sudah berlalu, memandang masa depan dengan penuh harapan, dan anda mencintai orang orang hidup disekitar anda, maka berarti anda mempunyai emosi yang positif. Emosi positif merupakan salah satu jalur kebahagiaan.
  2. Jalur memanfaatkan waktu dan kemampuan secara penuh (engaged). Bila anda saat ini mengerjakan tugas, pekerjaan atau kegiatan yang: (a) memanfaatkan bakat atau kelebihan anda, (b) mengerjakan sesuatu dengan sebaik-baiknya, (c) tertantang untuk terus mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan kegiatan/ pekerjaan tersebut, (d) ketika mengerjakan kegiatan/ pekerjaan tersebut anda sangat senang, sampai tidak ingat waktu, maka berarti anda berada di jalur kedua menuju kebahagiaan, yaitu jalur engaged (terlibat penuh).  Bila anda berangkat ke kantor malas-malasan, bekerja asal-asalan dan setelah keluar kantor anda tidak pernah teringat dengan kantor, maka itu berarti kantor anda tidak menyumbang kepada kebahagiaan anda. 
  3. Jalur hidup yang berarti. Bila anda mengerjakan suatu kegiatan atau pekerjaan yang memberi manfaat kepada orang banyak, kegiatan yang tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri, maka anda berada dijalur ketiga menuju kebahagiaan yaitu jalur hidup yang berarti.
  4. Jalur pertalian atau kekerabatan positif. Bila anda hidup bersama dengan keluarga, saudara, sahabat atau teman yang mengasihi, maka anda berada dijalur keempat meunu kebahagiaan, yaitu jalur pertalian yang positif (positive relationship).

Mari segera temukan dan kembangkan jalur jalur kebahagiaan milik anda.

About admin

Dr Gunawan Setiadi, adalah pendiri Yayasan Ummy.
This entry was posted in panduan kesehatan. Bookmark the permalink.