12 rahasia kebahagiaan

Apakah yang bisa membuat anda benar benar bahagia? Punya rumah bagus, mobil keluaran tahun mutakhir?

Menurut para ilmuwan ternyata faktor eksternal (diluar diri kita, seperti punya mobil atau rumah baru) hanya bisa membuat kita bahagia dalam waktu terbatas. Tidak lebih dari beberapa bulan setelah punya rumah baru, kebahagiaan sudah mulai berkurang atau menurun.

Kebahagiaan tidak ditentukan oleh faktor eksternal, tapi lebih ditentukan oleh faktor internal, yang ada didalam diri kita. Menurut Dr Dan Baker, pengarang buku What Happy People Know ada 12 sifat yang bisa mengarahkan hidup anda menuju kebahagiaan, tidak perduli hambatan atau rintangan yang anda hadapi dan tidak tergantung kepada hasil yang anda capai.

Ke 12 sifat itu adalah sebagai berikut:

  1. Bersikap optimis. Sikap optimis adalah sikap yang percaya bahwa sesudah kesulitan akan datang kemudahan, bahwa selalu ada sisi positif dari setiap kejadian (sejelk apapun kejadian tersebut). Sikap tersebut akan membuat seseorang tahan menghadapi goncangan, meminimalkan rasa khawatir yang sering membuat seseorang menjadi depresi atau cemas.
  2. Bersikap berani, bukan munafik. Berani disini diartikan sebagai melakukan sesuatu berdasar nilai nilai yang dianutnya, berkarya menurut apa yang dianggapnya penting. Orang yang mempunyai prinsip hidup bersih, tapi melakukan korupsi, tidak akan merasa bahagia karena dihatinya dia merasa bersalah.  Bersikap berani disini juga berarti berani bilang “tidak” terhadap permintaan yang berlawanan dengan nilai nilai yang anda anut.
  3. Mengasihi orang lain. Orang yang hidup menyendiri, mengurung diri atau terisolasi gampang terkena depresi.  Orang yang hidup berkeluarga dan mempunyai banyak sahabat yang  saling mengasihi cenderung hidup lebih bahagia.
  4. Mempunyai pilihan.  Dalam hidup setiap saat kita selalu membuat pilihan. Orang yang hidup tanpa punya pilihan atau tidak mau memilih, akan cenderung tidak bahagia. Orang yang bekerja atau tinggal ditempat yang tidak disukainya tidak akan merasa bahagia. 
  5. Bersikap proaktif.  Proaktif disini diartikan sebagai tidak melakukan sesuatu secara otomatis atau hanya menurut pendapat orang lain. Bersikap proaktif berarti secara sadar mengambil suatu pilihan dan menerima konsekuensi dari pilihannya tersebut. Bersikap proaktif misalnya secara sadar belajar mempersiapkan diri menghadapi ujian. Belajar bukan hanya karena diperintah orang tua, tapi merupakan pilihannya secara sadar.
  6. Merasa aman atau bisa menghadapi ketidak pastian. Orang yang merasa tidak aman, cemas dan takut (takut ketahuan karena berbuat salah, takut tidak bisa makan, cemas menghadapi masa pensiun) akan lebih sulit hidup bahagia. Orang yang mempunyai keamanan (fisik maupun mental) atau mampu menghadapi ketidak pastian akan cenderung lebih mudah hidup bahagia.
  7. Kesehatan badan. Saya kira ini jelas. Orang yang sehat lebih mudah merasa bahagia dibandingkan dengan orang yang mempunyai penyakit yang serius.
  8. Religius. Orang yang beragama dan menjalankan tuntunan agamanya cenderung hidup bahagia dibandingkan dengan orang yang tidak percaya kepada Tuhan.
  9. Dermawan atau baik hati. Ternyata bersedekah atau menolong orang lain (melalui uang, tenaga atau pikiran) membawa dampak positif juga kepada si pemberi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memakai uang untuk menolong orang lain lebih membahagiakan dibandingkan dengan memanfaatkan uang yang dipunyainya untuk diri sendiri.
  10. Melihat sesuatu dalam perspektif yang luas atau jangka panjang. Orang yang sedang berjuang akan terasa ringan bila perjuangan tersebut diletakkan dalam perspektif yang lebih luas atau perspektif jangka panjang. Misalnya: belajar dengan rajin tidak terasa berat bila diletakkan dalam perspektif mengejar cita cita menjadi dokter atau insinyur.
  11. Humor. Orang yang bisa hidup santai, mentertawakan diri sendiri akan lebih mudah hidup bahagia.
  12. Mempunyai tujuan hidup yang jelas dan mulia. Orang yang hanya hidup mengalir, tanpa tujuan yang jelas, akan cenderung hidup tidak bahagia. Orang yang mempunyai tujuan hidup yang mulia dan jelas, akan lebih tahan menghadapi tantangan atau halangan, dan cenderung lebih bisa hidup bahagia.

 

About admin

Dr Gunawan Setiadi, adalah pendiri Yayasan Ummy.
This entry was posted in panduan kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.